Retail & Grosir Spare Part CBR 150 | CBR 250 | Aksesoris CBR Terlengkap

Tips Atasi Malfunction Indicator yang Menyala pada V-ixion

Pemakai Yamaha V-ixion terkadang dibuat bingung oleh lampu indikator kerusakaan di spidometer (Malfunction Indicator Lamp). Lampu ini, terus berkedip selama motor berjalan. Sebenarnya tak usah bingung. Sebab bisa jadi, kondisi itu dikarenakan thermostat yang alami keausan atau trouble.

Thermostat yang sudah rusak, akan membuat lampu menyala dengan rentang waktu selama 5 detik. Lampu indikator ini akan terus berkedip selama mesin menyala.

Menurutnya, kondisi kerusakan thermostat bisa disebabkan dari kelalaian mengisi cairan radiator. Karena telat, suhu mesin terus melonjak. Jika kondisi seperti ini terus diabiarkan, lama-kelamaan thermostat yang berfungsi mengukur suhu engine pun alami keausan.

Sebenarnya kalau belum terlalu parah, biasanya bagian ujung thermostat cukup dilap pakai cairan alkohol. Terkadang, melalui cara ini saja sudah membuat thermostat bisa dipakai lagi.


Tetapi, kalau sudah tempuh langkah di atas tapi tidak ampuh, jalan keluarnya harus ganti part baru. Thermostat buat V-ixion dijual sekitar Rp 100 ribuan. 

Menggantinya juga mudah kok. Tinggal lepaskan thermostat pakai kunci 17 saja. Lalu pasang yang baru.

Memasangnya, kebalikan dari membuka. Jangan lupa juga untuk memasang soket sensor dibagian ujung atas thermostart. Terakhir, jangan lupa juga untuk terus memantau kondisi cairan pendingin di radiator.