Retail & Grosir Spare Part CBR 150 | CBR 250 | Aksesoris CBR Terlengkap

Panduan Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas atau motkas, bisa menjadi solusi untuk mendapatkan motor idaman dengan harga yang lebih murah. Namun, membeli motor bekas juga tidak bisa sembarangan, karena kita tidak tahu persis riwayat pemakaian pemilik sebelumnya. Untuk itu, melakukan pengecekan pada fisik dan mesin motor menjadi keharusan sebelum membeli motor bekas. 

Paling aman, ajak mekanik kepercayaan anda untuk melakukan pengecekan kondisi motor, supaya gak merasa rugi nantinya. Berikut yang harus diperhatikan saat memilih motor bekas:

Kondisi Fisik

Periksa fisik motor seperti bodi, kaki-kaki, baut, spion, dan lainnya. Usahakan bagian-bagian motor masih sesuai dengan aslinya alias belum diganti-ganti.
Speedometer
Usahakan untuk tidak membeli motor bekas dengan kilometer di atas 30.000 km, karena biasanya akan banyak komponen mesin yang harus diperbaiki atau bahkan diganti. Tapi kalau memang harus membeli motor yang lebih tua, selama yakin kondisinya baik tidak ada masalah!

Nyalakan Mesin Motor
Coba hidupkan mesin motor untuk mengetahui kondisi mesin apakah masih baik atau tidak. Hindari membeli motor yang mesinnya berbunyi kasar.

Perpindahan Gigi dan Rangka Motor

Coba untuk melakukan test ride dengan melakukan perpindahan gigi untuk motor non matik, bila perpindahan gigi terasa sulit dilakukan, kemungkinan kampas koplingnya sudah akan habis. Jangan beli motor bekas dalam kondisi demikian.  Selain itu coba juga untuk melaju sekitar 40 km/jam, lalu tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Pengecekan rangka atau sasis motor juga diperlukan untuk mendeteksi kelurusan sasis.

Kebocoran Oli
Setelah melakukan test ride, saat mesin panas perhatikan juga apakah ada oli yang bocor di sela-sela mesin. Bila terjadi kebocoran sebaiknya jangan beli motor tersebut.

Kondisi Kelistrikan
Periksa kelistrikan dan lampu motor, seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, klakson, speedometer, dan elektrik starter motor. Bila semuanya berfungsi dengan baik, maka motor tersebut cukup layak untuk dibeli.

Tidak masalah untuk menghabiskan cukup banyak waktu untuk mengecek kondisi keseluruhan motor, dan jangan takut pula dibilang ribet karena kita tentunya ingin mendapat motor dengan kondisi prima.